another facts....

tambahan lagi dari artikel yang sebelumnya....

Liberty Statue
Patung Liberty - kebanggaan dan simbol kota New York - ternyata bukan dibuat di New York. Patung tersebut, yang didesain oleh pemahat Perancis, Frederic-Auguste Bartholdi pertama kali dibangun dan disusun di Perancis pada tahun 1884. Patung Dewi Kemerdekaan tersebut dipersembahkan oleh rakyat Perancis kepada rakyat Amerika - sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Amerika ke 100.

Setelah selesai dibuat di Perancis - patung tersebut dibongkar, dan dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirim ke Amerika. Patung Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe's Island di mulut pelabuhan kota New York. Sedemikian lama proses pengepakan ini, hingga patung Liberty baru bisa diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 - sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yang ke 100.

Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri di atas landasan setinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja - sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga. Rangka baja patung Liberty - dibuat dan dirancang oleh Gustave Eiffel - orang yang juga merancang dan membangun Menara Eiffel.

Scotland Yard
Mengapa kepolisian Inggris disebut "Scotland Yard" sekalipun mereka bukan berasal dari Skotlandia ataupun berada di Skotlandia…?

Sebutan ini ternyata berasal dari riwayat didirikannya Kantor Kepolisian London di tahun 1829. Kantor ini didirikan di gedung Nomer 4 Whitehall Place di kota London - tepat di sebelah bangunan yang sering didiami raja-raja, bangsawan, atau tamu penting lainnya yang berasal dari Skotlandia. Seperti kita ketahui, Inggris sebenarnya adalah gabungan tiga kerajaan (United Kingdom) : Skotlandia, Wales, dan England.

Karena "bertetangga" dengan gedung kerajaan Skotlandia itulah, maka kepolisian Inggris memperoleh nama Scotland Yard. Parahnya, nama ini sedemikian lengket - hingga saat gedung kepolisian tersebut dipindahkan ke kantor yang baru di tahun 1890 - gedung yang baru diberi nama "New Scotland Yard", padahal tidak lagi bertetangga dengan gedung kerajaan Skotlandia. Saat ini Kantor Pusat Kepolisian London berada di daerah Westminster.

Antonio Todde
At 112, Antonio Todde, born on 22 Jan 1889 in Tiana, Sardinia, Italy, is the oldest living man in the world. He puts his longevity down to a lifetime of hard work and a daily glass of locally produced red wine. Sardinia's exceptionally high concentration of centenarians is attributed mainly to genes. Both Antonio's parents lived well into their nineties, and his four children are all in their eighties.

The greatest age to which any man has ever lived is 120 years 237 days. Shigechiyo Izumi, of Isen on Tokunoshima, an island 1,320 km south-west of Japan, was born on 29 June 1865 and dien on 21 Feb 1986. He worked until he was 105. He drank sho-chu (distilled from barley) and took up smokin at the age of 70. He attributed his long life to 'God, Buddha, and the Sun'.

Amazon.com
Amazon.com, founded in 1994 by Jeff Bezos (USA), opened its virtual doors in July 1995 and has now sold products to more than 13 million customers in over 160 countries, making it the largest online bookshop. It has a catalogue of 4.7 million books, CDs and videos, including titles presently out of print. Although there are over three million books actively in print, no one could build a bookstore large enough to hold them. The largest known conventional bookstores carry 177,000 titles. When Bezos started this business, he worked out of an office from his garage in Seattle, Washington, USA -- wrapping book orders himself and delivering them to the post office in the family car.

Hotmail
Hotmail is the world's largest free web-based e-mail service provider and had more than 70 million subscribers in April 2001. Every day Hotmails adds 100,000 new users. It is available in 230 countries and has 12 million unique logins per month.

Umberto
Raja Umberto I (1844-1900) dari Italia, memiliki seorang "kembaran" bernama Umberto Santini. Saya sebut "kembaran" - karena sekalipun berasal dari orang tua berbeda - tetapi keduanya memiliki ciri-ciri yang bahkan jauh melampaui kesamaan anak kembar.

Keduanya memiliki tampang yang serupa, keduanya lahir pada hari yang sama di Turino, keduanya memiliki istri bernama Margherita, dan juga anak yang sama-sama bernama Vittorio.

Kesamaan istimewa lainnya, Raja Umberto I naik tahta pada hari yang sama Umberto Santini membuka usaha restorannya.

Semua kesamaan ini diakhiri pula secara tragis. Raja Umberto I dan Umberto Santini - keduanya tewas karena tertembak - pada hari yang sama, di kota yang sama - Monza - Italia. Raja Umberto I menjadi korban pembunuhan, sementara Umberto Santini karena kecelakaan senjata api.

Ptolomeus II
Raja Ptolomeus II yang memerintah Mesir (bukan Mesir Kuno)dari masa 285 sampai 246 sM, memiliki nama asli "Philadephus" - yang berarti "penyayang saudara". Namun semasa hidupnya, ia telah membunuh dua saudara laki-lakinya.

Penerusnya, ternyata tidak lebih baik. Raja Ptolomeus IV, yang memerintah Mesir dari masa 221 hingga 203 sM, memiliki nama asli "Philopator" - yang berarti "penyayang ayah". Dan tepat seperti dugaan anda. Semasa hidupnya, Raja Ptolomeus IV - telah membunuh ayahnya

England rules
Sebuah undang-undang di Inggris pernah mengharuskan setiap jenazah yang dikubur menggunakan kain wool sebagai pembungkus jenazah, atau kain kafan.

Tujuannya tentu saja bukan demi kenyamanan si mati melainkan untuk meningkatkan perdagangan wool yang sedang lesu di Inggris masa itu. Undang-undang ini sempat berlaku 148 tahun sebelum dicabut di tahun 1814.

TOMAT
Dulu, orang Amerika sangat takut terhadap buah Tomat, dan menganggapnya beracun serta tidak bisa dimakan, karena tomat masih sekeluarga dengan kecubung.
Namun tentu saja itu tidak berlangsung terus. Keadaan berubah setelah seorang dokter asal Virginia bernama Dr. Siccary di tahun 1733 berani 'menantang maut' dengan memakan beberapa buah Tomat di depan orang banyak, masyarakat Amerika menjadi percaya bahwa Tomat tidak beracun dan bahkan memiliki rasa nikmat. Di masa kini Amerika Serikat adalah produsen dan konsumen Tomat terbesar di dunia.


moga-moga bisa nambah ilmu...amin

1 comments:

Anonymous February 13, 2008 at 5:34 PM  

Bener-bener bagus info-infonya ...
Jadi tambah pengetahuan niiiihhh ...
Makasih 3x Gas ... INFO-nya :D

Lifescapes

random thoughts and passion of my life

About Me

My Photo
bhagas
sleep deprived person
View my complete profile

Blog Archive