facts again

nemu lagi ini.....
cerita-cerita unik....:)


Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte, saat berperang di Timur Tengah tahun 1799 bermaksud akan melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil ditawan Perancis, ketika Perancis berhasil merebut Jaffa.

Saat itu Napoleon sedang terserang influenza.Saat menginspeksi pasukan, Napoleon terserang batuk berat, ia mengatakan "Ma sacre toux" ("Batuk sialan"). Perwira pendamping Napoleon merasa sang jenderal mengatakan "Massacrez Tous" ("Bunuh Semua").

Akibatnya, seluruh 1200 orang tawanan Turki itu dibunuh. Hanya karena batuk sang jenderal...


Sebastian Bach
Tidak ada yang lebih mendukung karir Johann Sebastian Bach lebih dari keluarganya. Tidak hanya secara moral, tetapi juga secara genetik. Dari seluruh leluhur dan kerabat Johann Sebastian Bach, 100 orang diantaranya memiliki profesi yang sama, yaitu pemain organ di gereja..


Beethoven
Beethoven tidak pernah bisa mendengar Symphony No. 9 karyanya, sebab pada saat ia menuliskan simfoni itu, ia telah tuli total. Walau begitu Symphony Beethoven No. 9 diakui sebagai karya terbaiknya sepanjang karir sebagai musisi. Ini yang membuat kita kagum. Saat tuli - bagaimana cara Beethoven menguji harmoni ciptaannya...? Dengan imajinasi...? Ini hal yang luar biasa.


Rasputin
Saat 'rahib gendeng' Rasputin dibunuh di Petrograd (sekarang bernama St. Petersburg), di tahun 1916, pembunuhnya pertama meracuninya dengan kue dan anggur yang dibubuhi sianida yang cukup untuk membunuh beberapa orang. Rasputin memakan dan meminum keduanya, namun tidak mengalami apa-apa.

Kemudian pimpinan komplotan pembunuh, Pangeran Felix Yussupov menembak Rasputin di dadanya, dan menghantam kepalanya dengan tongkat berujung logam. Namun Rasputin masih tetap hidup.

Akhirnya, para pembantu Yussupov menangkap Rasputin dan mengikatnya dengan batu, lalu melemparkannya ke sungai Neva.

Pada otopsi setelah mayat Rasputin ditemukan, ditemukan bahwa Rasputin tewas bukan karena racun, peluru, ataupun hantaman benda keras, melainkan karena tenggelam.


Menara Pisa
Menara Pisa, salah satu obyek wisata paling terkenal di Italia, ternyata menjadi miring karena salah bikin. Dan lebih dari itu, menara ini ternyata dibangun dalam waktu lebih dari seabad.

Menara itu dibangun dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai tahun 1178, yang berlangsung hingga tingkat tiga. Pekerjaan dihentikan karena pada tahun ke lima, menara sudah mulai miring ke selatan. Pekerjaan pembangunan menara dihentikan hingga kira-kira 100 tahun, sebelum pada tahun 1272 - tinggi menara ditambah 4 tingkat ke arah berlawanan - agar menara dapat tegak.

Karena tanah di sekitar Menara Pisa tidak stabil, pembangunan dihentikan, hingga akhirnya dilanjutkan pada tahun 1360 - atau 80 tahun kemudian. Pada pembangunan terakhir ini pula ditempatkan ruang lonceng pada puncak menara, dan Menara Pisa mendapatkan bentuknya seperti yang sekarang kita kenal.
Mungkinkah Menara Pisa ditegakkan..? Mungkin saja, namun berdasarkan pengamatan para ilmuwan, sekalipun Menara Pisa ditegakkan, bagian-bagian dalam menara tetap akan melengkung - akibat terlalu banyak koreksi yang dilakukan sejak pembangunannya 823 tahun yang lampau...


The Art of War
Senjata paling ampuh dalam sebuah perang adalah Strategi, dan banyak jenderal ternyata mengandalkan strategi perangnya pada buku Seni Berperang karya Sun Tzu, yang ditulis kira-kira 2500 tahun yang lampau.

Strategi Sun Tzu digunakan oleh Genghis Khan di abad ke 13 dalam menaklukkan wilayah kekuasaannya mulai dari Mongol, China, Siberia hingga mendekati Eropa.

Napoleon di masa muda membaca dan mempelajari buku itu dari para rahib Jesuit yang menterjemahkannya dari bahasa China di tahun 1782. Cara berpikir dan bertindak Mao Tse Tung juga sangat dipengaruhi strategi Sun Tzu, seperti terlihat dalam buku Merah Mao.

Hitler juga mempelajari strategi Sun Tzu, dan menggunakannya saat merebut Polandia dalam operasi 'Blitzkrieg' yang berlangsung 2 minggu.

Di tahun 1991, dalam operasi Desert Storm dan Desert Shield di kawasan Teluk, setiap anggota Marinir Amerika memiliki dan mempelajari buku strategi perang Sun Tzu. Strategi itu terbukti tetap relevan walau telah melewati rentang waktu 25 abad.


SOS
Tanda bahaya dalam keadaan darurat - kita semua sudah kenal, yaitu SOS. Banyak orang mengatakan bahwa SOS adalah singkatan "Save Our Soul" - tetapi ini sebenarnya keliru. SOS bukanlah singkatan. Huruf SOS dipilih karena tanda ini dapat dengan mudah diingat bila dituliskan dalam kode Morse (alfabet yang digunakan pada telegraf). Dengan kode morse - tanda SOS terbentuk dari tiga titik tiga garis dan tiga titik.

Sebagai tambahan informasi, tanda SOS pertama kali digunakan oleh kapal legendaris "Titanic" saat menjelang ajalnya. Namun sayangnya karena tanda SOS saat itu belum dikenal luas - tidak heran saat musibah Titanic - kapal-kapal di sekitarnya terlambat merespons dan memberi bantuan.

Sebagai alternatif lain dari SOS adalah "Mayday" - yang biasanya diucapkan lewat hubungan komunikasi radio. Kata "Mayday" berasal dari kata : "m'aidez" - bahasa Perancis yang berarti "Tolong Saya".

0 comments:

Lifescapes

random thoughts and passion of my life

About Me

My Photo
bhagas
sleep deprived person
View my complete profile

Blog Archive