MERDEKA…..!!!

Minggu pagi yang lalu jurusan saya akhirnya mengadakan sebuah peringatan kemerdekaan yg agak lain dari biasanya. Akhirnya didakan juga peringatan kemerdekaan meskipun boleh dibilang sederhana, upacara yang hanya menggunakan tiang bamboo sebagai tiang bendera,namun mudah-mudahan tidak mengurangi arti peringatan itu sendiri.

Sejenak kita diajak untuk mengenang jasa pahlawan dan arti penting sebuah kemerdekaan bagi bangsa ini. Mengenal kembali apa yang dahulu sudah dicita-citakan oleh para pahlawan yang telah tiada namun sampai saat ini masih merupakan sebuah tanda tanya.

Upacara yang berlangsung cukup singkat tersebut diikuti dengan acara lomba yang telah disiapkan sebelumnya. Lomba ini diikuti dengan antusias oleh semua peserta upacara. Menikmati upacara dan lomba kemerdekaan yang sebelumnya jarang kita ikuti entah karena malu atau malas mengikuti, memberikan semangat baru setidaknya bagi para pesertanya.

Untuk kesekian kalinya mahasiswa berkumpul bersama namun dalam suasana yang berbeda dari biasanya. Tawa canda dan senyum menghiasai ran gkaian acara tersebut. Keakraban setiap angkatan setidaknya dapat dilihat dari momen ini. Jarang memang kita berkumpul bersama untuk melakukan kegiatan bersama. Kadang rasa kebersamaan inilah yang kurang terasa pada saat kita melakukan rutinitas sehari-hari, larut dalam buaian tugas dan praktikum yang memang membuat penat pikiran.

Kemerdekaan bisa jadi mempunya arti berbeda bagi mereka yang memperingatinya bahkan ada yang menganggapnya biasa saja. Peringatan kemerdekaan di kampus ini mudah-mudahan bisa menjadi semangat baru bagi para pesertanya untuk lebih banyak berkarya bagi bangsa. Ini semua mudah-mudahan tidak hanya momen euforia yang menjadikannya lupa diri akan persoalan bangsa.

Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 63, 100 tahun kebangkitan nasional dan 80 tahun Sumpah Pemuda tentunya menjadikan tahun ini sebagai tahun yang istimewa. Sudah saatnya bagi setiap insan di bumi pertiwi ini dengan kepala tegak mampu menatap dunia tanpa rasa kecil diri. Mengisi kemerdekaan dengan berbagai macam kontribusi baik besar maupun kecil,sesuai dengan kemampuan diri. Alangkah indahnya negriku ini….


JAYALAH INDONESIAKU..!!!

8 comments:

Anonymous August 20, 2008 at 11:18 AM  

Merdeka!!!
wah serunya gas, ngak ikut juga syukuran kemerdekaan di blok U tah?
lumayan seru juga lho....
sipz... setiap orang punya apresiasi tersendiri dalam mengekspresikan makna kemerdekaan.

Anonymous August 20, 2008 at 12:21 PM  

wuaa,, jadi inget 7 taon lalu,, pas aku jadi Paskibraka Kota Yogyakarta.. rasa haru dan bangga itu masih tetep terasa mpe sekarang.. huehe... *tapi,, kok kayaknya komennya gak nyambung yak? huhu,, maap..*

duniyakoe August 21, 2008 at 5:38 PM  

Ikutan nimbrung ahhhh
MERDEKAAAAAAAAA!!!!!
Telat dikit gapapa yak???
hehehehe....
dikampoengku cuma ada baris berbaris

Anonymous August 21, 2008 at 7:00 PM  

merdekaaaa !

bhagas August 21, 2008 at 8:03 PM  

@bang arul

iya ni bang kemaren g ikut yg di blok U,yg acara syukuran itu bukan?kn lmyn jg makan2nya,hehe..

@angin biru

gpp bung..hehe..merdeka..!!

@yeni

yg penting ada peringatan kemerdekaannya yen,hehe..

@elys

merdeka ..!!:)

Anonymous August 27, 2008 at 3:19 PM  

eh...eh... ni beneran? make upacara2 gitu? dimana tu ngadainnya? sp yang inisiatif ngadain? dosen2 pada ngikut ya?
waaa, tuh kan malah kebanyakan nanya, abis excited banget :D

bhagas August 27, 2008 at 7:03 PM  

@mas frandi

beneran mas,upacara,di kampus TC lama,inisiatif temen2 sndr kok...

pada pake batik,tmn2 07 jadi petugas upacara plus paduan suara,hehe...

klo dosen2 g ikut soalnya kn ada upacara di pusat jg,tp sebenrnya jg diundang...

moga2 taun depan lagi..:)

Anonymous August 28, 2008 at 7:10 PM  

Yup, kemerdekaan memang membawa arti yg berbeda bagi kebanyakan orang. YG penting bukan tawanya, melainkan perubahan sikap atau komitmen yg muncul sebagai penghargaan atas momen kemerdekaan ini.

Lifescapes

random thoughts and passion of my life

About Me

My Photo
bhagas
sleep deprived person
View my complete profile

Blog Archive